Pages

Senin, 28 Januari 2013

Cara Mencegah Kram Saat Di Kantor

kaki kram (c) kampungtki.blogspot.com
Vemale.com - Memakai stiletto atau high heels saat ke kantor memang selain tampak modis, gaya, dan menarik, juga tampak anggun. Namun, seringkali tanpa kita sadari, high heels sering membuat kram kaki di saat yang tidak diinginkan. Bahkan sering mengganggu aktivitas di kantor.
Salah satu penyebab kram kaki adalah terjadinya ketegangan otot yang dipaksakan sehingga membuat kontraksi otot yang berlebihan. Apalagi ruang gerak yang diberikan stiletto atau high heels sangat sempit sehingga pergerakan otot pun terasa semakin dipaksa. Seperti dilansir pada majalahkesehatan.com, peneliti menyebutkan bahwa kram kaki terjadi ketika otot yang sudah dalam posisi mengkerut dirangsang untuk kontraksi.
Jika kram kaki terjadi saat Anda tengah sibuk di kantor, sebaiknya Anda melakukan hal-hal berikut ini:
1. Refleksi dengan meregangkan otot-otot kaki
Meluruskan kaki selama kurang lebih 15 menit setidaknya dapat mengurangi kram otot kaki yang terjadi di saat jam sibuk kantor.
2. Gunakan flat shoes
Selama kram kaki, sementara gunakan flat shoes untuk mengembalikan otot-otot yang meregang menjadi lebih rileks.
3. Perbanyak minum air putih
Selain karena paksaan otot yang berkontraksi, kram kaki juga disebabkan oleh kondisi tubuh yang kekurangan cairan/ dehidrasi. Dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih sedikitnya 1,5 liter per hari, Anda akan terhindar dari resiko terkena kram kaki.
4. Minum minuman yang mengandung elektrolit
Sering terkena kram kaki, bisa jadi Anda banyak kehilangan kalium dan mineral dalam tubuh. Hal itu disebabkan oleh kondisi tubuh yang terlalu lelah, ada baiknya Anda minum minuman yang mengandung elektrolit ditambah dengan buah jeruk dan pisang.
5. Istirahat cukup
Sudah mencoba langkah-langkah di atas, sebaiknya Anda juga menjaga tubuh agar tetap sehat dengan istirahat cukup agar kerja tetap segar dan bersemangat.
Kram kaki memang mengganggu, namun, dengan tips di atas, setidaknya membantu Anda sebagai upaya pencegahan yang bisa saja terjadi kapan saja. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

About