Pages

Senin, 28 Januari 2013

Cara Sukses Berbisnis di Belakang Layar

(c) teamituk
Vemale.com - Memasuki dunia yang serba digital tampaknya berbanding lurus dengan kondisi pekerjaan yang belakangan banyak dikeluhkan oleh karyawan di berbagai perusahaan. Biasanya, kondisi lingkungan kerja di kantor sering membuat karyawan memutuskan untuk keluar dan memilih untuk berwirausaha. Sayangnya, pikiran berwirausaha ini seringkali tidak dibarengi dengan pengetahuan yang benar. Terlebih lagi dengan bisnis online yang semakin menjamur belakangan, jika tidak mempunyai basic atau pengetahuan dasar mengenai bisnis online, alih-alih mendapatkan untung, bisa jadi Anda justru merugi.
Berlatarbelakang maraknya bisnis online, berikut tips dan panduan sukses berbisnis di balik layar:
1. Gali informasi sebanyak-banyaknya
Sebelum memutuskan untuk membuka bisnis online, ada baiknya Anda menggali banyak informasi dari senior atau rekanan yang lebih dulu membuka bisnis online. Gali banyak informasi mengenai bagaimana strategi, keuntungan, kerugian, kekurangan, serta kelebihannya. Banyak informasi akan membantu Anda untuk memikirkan strategi yang lebih jitu.
2. Aktif di Bazar
Siapa bilang bisnis online hanya bisa aktif di belakang layar? Justru dengan aktif mengikuti bazaar, peluang memperkenalkan nama produk Anda jadi lebih besar. Selain dikenal melalui online, Anda juga dikenal secara offline. Hal ini juga mengantisipasi kebanyakan orang yang tidak seluruhnya membuka internet.
3. Mouth to mouth strategy
Jangan ragu untuk aktif mempromosikan dagangan dengan cara dari mulut ke mulut melalui organisasi atau komunitas yang Anda ikuti. Meski terkesan old school, namun cara ini juga terbilang jitu karena mempermudah pangsa pasar mengenal produk Anda.
4. Memasang Iklan
Merasa kurang jitu dalam memasang strategi marketing usaha Anda? Coba sekali-kali Anda memasang iklan di surat kabar, majalah, atau buletin. Cara ini terbilang kuno, namun hingga kini, tak hanya toko offline yang bisa meraup sukses, toko online pun demikian.
5. Bersikap profesional
Jangan pernah berpikiran bahwa online shop hanyalah toko yang hanya ada di balik layar. Dengan memperlakukan usaha dan dagangan Anda secara profesional, seperti memberikan bonus khusus bagi reseller atau menjadwalkan beberapa bulan sekali memberikan diskon bagi pelanggan adalah salah satu contoh bersikap profesional. Jangan lupa juga, pembeli adalah raja, terlebih lagi ini adalah toko online, jadi kepercayaan memang sangat dibutuhkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

About