Pages

Minggu, 13 Januari 2013

Manfaat Pijat Bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Pijat Bagi Kesehatan Tubuh


Pijatan tidak hanya berguna untuk menghilangkan pegal atau relaksasi. Memijat ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk jantung. Seperti yang dikutip dari MSN, berikut ini lima manfaat pijatan terhadap kesehatan tubuh.

1. Paru-paru dan Perut
Saat dipijat, saraf vagus --saraf yang menghubungkan sistem pencernaan ke otak dan mengelola aliran darah ke usus, mengirimkan 'pesan' ke paru-paru untuk bernapas lebih lambat dan dalam sehingga sistem pencernaan bisa bekerja lebih baik. Namun ketika seseorang kelelahan, paru-paru akan bekerja lebih keras dan perut membutuhkan waktu pengolahan yang lebih lama untuk mencerna makanan manis.

2. Jantung
Ketika dipijat pada area punggung, leher, dan dada, denyut jantung Anda menjadi lebih rendah, hingga 10 denyut tiap menitnya. Hal itu membuat tekanan darah turun sebanyak delapan persen.

3. Kelenjar
Pijatan bisa membantu Anda untuk kurangi rasa cemas. Saraf vagus menginstruksikan kelenjar adrenal untuk mengurangi produksi hormon stres seperti kortison dan vasopresin.

4. Otak
Gelombang otak memiliki kemampuan untuk berubah-ubah sesuai dengan keadaan tubuh seseorang. Jika dipijat pada pagi hari, maka Anda akan merasa lebih segar dan waspada. Sedangkan jika dilakukan pada waktu tidur, maka Anda akan memiliki waktu istirahat yang berkualitas.

5. Nyeri dan Sakit
Lupakanlah mengonsumsi aspirin karena pijat dapat memicu kekuatan tubuh untuk melawan rasa sakit. Dalam perjalanannya ke otak, sinyal tekanan yang berasal dari sel-sel saraf kulit berjalan melalui tulang belakang salah satu pusat rasa nyeri. Sinyal tekanan berjalan lebih cepat daripada rasa sakit sehingga mengurangi nyeri.

Jadi pijat yang kita lakukan atau jalani tidak hanya untulk menyegarkan badan saja, tetapi banyak manfaat yang harus kita peroleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

About