Pages

Senin, 28 Januari 2013

Menghindari Mata dan Punggung Lelah Akibat Duduk Lama di Depan Komputer

(c) shutterstock.com
Di samping tumpukan pekerjaan yang menanti, berbagai penyakit juga menanti Anda yang terlalu lama duduk sambil menatap komputer entah untuk bekerja, mengerjakan tugas kuliah maupun bermain game. Duduk terlalu lama sambil menatap komputer memang menimbulkan berbagai penyakit misalnya sakit punggung, pinggang, daya pandang berkurang dan sebagainya.
Hal ini bisa disebabkan oleh posisi duduk kita yang salah atau durasi duduk dan menatap komputer terlalu lama, sehingga otot menjadi kaku dan punggung menjadi panas. Gangguan penglihatan pun mengintai akibat terlalu lama terkena radiasi cahaya komputer yang begitu besar. Tidak percaya?
Coba matikan lampu ruang kerja Anda dan biarkan layar laptop, komputer atau bahkan layar ponsel Anda menyala. Anda akan tahu bahwa kekuatan pencahayaan layar benda-benda ini begitu kuat. Bayangkan ketika mata kita yang sekecil ini harus menanggung beban tersebut selama berjam-jam. Lakukan beberapa tips di bawah ini untuk mengurangi beban mata dan punggung Anda akibat kebiasaan duduk lama di depan komputer seharian.
1. Berjalan sejenak setelah satu jam
Setelah duduk kurang lebih satu jam, beralihlah ke suatu tempat dan lihatlah hal lain seperti pemandangan yang teduh. Sambil menikmatinya berjalanlah sekitar 20-30 detik dan lemaskan otot-otot Anda.
2. Minum air
Perbanyak minum air putih untuk membantu melumasi tulang dan sendi. Tubuh Anda akan sangat berterima kasih terhadap setiap tetes air yang Anda berikan.
3. Berbaring sejenak
Carilah tempat di mana Anda bisa berbaring atau menyandarkan punggung sejenak selain pada kursi Anda. Punggung yang terlalu lama diajak duduk akan mengalami panas dan membuatnya terasa tidak nyaman. Rileks sejenak untuk merilekskan otot yang kaku.
4. Jus buah rutin
Kombinasi pepaya, wortel dan tomat akan membantu suplai vitamin pada mata Anda. Selain itu akan mencegah Anda dari berbagai penyakit karena mengandung antioksidan yang tinggi.
5. Tidur tanpa bantal
Ketika Anda sedang benar-benar lelah, tidurlah tanpa bantal dan lampu di malam hari. Hal ini akan membantu Anda mengistirahatkan punggung dan mata Anda dari lelahnya duduk lama dan menatap komputer seharian.
Itulah beberapa informasi agar Anda terhindar dari kelelahan setelah bekerja di kantor. Semoga bermanfaat, Ladies dan tetap sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

About