Pages

Senin, 28 Januari 2013

Pengaruhi Cara Berpikir Anda

(c) 123rf
Vemale.com - Vemale.com- Sepertinya biasa saja jika Anda adalah orang yang terbiasa menggunakan tangan kanan sebagai tangan yang 'dominan'. Sembilan puluh persen orang di dunia menggunakan tangan kanan untuk melakukan banyak hal, dan sedikit menggunakan tangan kiri. Namun sesuatu yang wajar ini ternyata mengungkap mengapa pola pikir manusia cenderung memiliki kesamaan yang besar, dan membuat banyak hal tak terungkap dari Anda bisa diketahui atau dibaca oleh orang lain.
Seorang ilmuwan bidang kognitif, Daniel Casasanto dari New York's New School for Social Research menemukan bahwa kebiasaan tubuh sangat berpengaruh pada cara berpikir kita, melebihi faktor-faktor yang lain seperti bahasa, mental dan juga emosi seseorang. Demikian seperti diberitakan di Daily Mail.
"Kebiasaan Anda menggunakan tangan kanan sebagai tangan yang dominan ternyata sangat memengaruhi cara berpikir Anda."
Casasanto mencari tahu apakah kebiasaan menggunakan tangan kanan atau tangan kiri bisa memengaruhi pandangan kita terhadap hal-hal yang abstrak seperti nilai, inteligensia dan juga kejujuran. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa pada umumnya, seseorang cenderung menyukai, memilih atau setuju dengan sesuatu yang letaknya sama dengan tangan dominan mereka.
Secara tidak sadar, tangan yang dominan telah menanamkan pemikiran bahwa sisi itu adalah yang baik. Pengguna tangan kanan tanpa sadar akan tertanam di pikirannya bahwa sisi kanan adalah baik; demikian pula pada pengguna tangan kiri, sisi kiri adalah baik.
Alasan yang lain adalah karena seseorang lebih suka akan sesuatu jika hal itu mudah untuk diterima dan kita terbiasa dengannya. Pengguna tangan kanan lebih biasa berinteraksi di area sebelah kanan, memutar sesuatu ke arah kanan, menjangkau sesuatu di sebelah kanan, dan hal-hal 'kanan' lainnya. Akhirnya ini memengaruhi pergerakan tubuh dan kebiasaan merasakan sesuatu yang di kanan lebih nyaman dan mudah diterima dari apa yang di kiri.
Tentu saja hal ini tidak mutlak, karena banyak juga orang yang membiasakan menggunakan kedua tangannya untuk melakukan hal yang berbeda. Bahkan pengguna tangan kanan yang mengalami cacat sehingga harus belajar menggunakan tangan kirinya pun mengalami perubahan dalam pola berpikirnya. Hasil penelitian ini menggambarkan apa yang terjadi secara general. Setidaknya, mereka akan berpikir demikian sebelum melihat kemungkinan lain pada sisi yang sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

About