Pages

Senin, 28 Januari 2013

Fakta Unik Seputar Wanita dan Menstruasi

(c) shutterstock.com
Vemale.com - Menginjak usia remaja, wanita biasanya mulai mengalami menstruasi. Tamu bulanan ini kadang datang dengan ramah dan kadang sangat menyiksa. Namun ada beberapa fakta unik lho mengenai wanita dan menstruasi mereka. Yuk coba simak ulasannya.
1. Salah satu penanda waktu menstruasi wanita selain kalender adalah temannya
Apakah Anda pernah mencocokkan jadwal menstruasi bersama teman wanita Anda karena memiliki waktu menstruasi yang sama atau berdekatan? Seringkali wanita tidak hanya menggunakan kalender untuk menandai menstruasinya. Seorang wanita bisa lebih ingat jadwal menstruasinya karena dekat dengan jadwal menstruasi temannya si A atau si B. Tidak hanya teman wanita, bisa juga saudara perempuan atau ibu mereka.
2. PMS yang menular dan 'membahayakan'
Salah satu momok dalam masa mentruasi wanita adalah PMS. Tidak semua wanita mengalami PMS di setiap bulan. Namun PMS ini bila datang bisa cukup membahayakan. Selain membuat emosi tidak stabil, bisa jadi membuat para pacar dan sahabat kabur karena enggan menghadapi kita yang sedang labil. PMS kabarnya juga bisa menular lho, Ladies. Ketika mood sedang tidak karuan dan kita sedang sering bersama teman kost misalnya, PMS bisa memberikan pengaruh emosional.
3. Menstruasi juga bisa menular
Kebersamaan dengan rekan wanita lain misalnya teman sekamar, teman sebangku maupun teman kerja yang akrab bisa mempengaruhi siklus mens. Misalnya siklus mens yang tadinya berbeda satu minggu, bisa tiba-tiba berdekatan. Hal ini dikarenakan kesamaan sumber stres yang mungkin terjadi akibat ikatan emosional dan tanda-tanda kimia dalam tubuh seorang wanita yang mungkin ditiru wanita lain.
4. Menjelang masa haid, wanita makan lebih banyak dibanding saat haid.
Beberapa wanita lebih doyan makan pada masa PMS atau sebelum haid. Namun ketika sudah masa menstruasi atau haid, mereka malah makan lebih sedikit. Siksaan nyeri haid kadang mempengaruhi keinginan seorang wanita untuk makan saat menstruasi tiba, sementara beberapa saat sebelum haid, bisa jadi wanita lebih dipengaruhi emosi dan nafsu makan sehingga bisa makan lebih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

About