Pages

Senin, 28 Januari 2013

Tips Menghadapi Evaluasi Buruk di Kantor

(c) 123rf
Vemale.com - Vemale.com- Tak selamanya hasil kinerja seseorang selalu mulus dan berada di peringkat atas. Ada waktunya di mana seseorang mendapat nilai merah pada hasil evaluasi kerja. Jika sekarang Anda berada dalam posisi mendapat hasil evaluasi kinerja yang buruk, jangan langsung merasa down dan kesal karenanya. Lakukan langkah perbaikan yang membuat Anda lebih baik dan makin profesional.
1. Hindari Emosi
Anda boleh kecewa dengan hasil evaluasi yang buruk tersebut, semua orang cenderung menolak hasil negatif mengenai dirinya. Tetapi mengumbar kemarahan dan kekecewaan bukan sikap yang profesional, apalagi jika Anda merasa hasil review rekan kerja yang lain tidak akurat, karena sebenarnya kinerja mereka tak lebih baik dari Anda. Tarik napas Anda dan akui hasil evaluasi yang sudah Anda terima. Tunggu hingga satu atau dua hari untuk membicarakan atau menyusun tanggapan atas hasil evaluasi tersebut, hingga kepala Anda lebih dingin.
2. Tunjukkan Sikap Profesional
Oke, saat ini Anda memang dalam kondisi buruk dan mendapati hasil evaluasi yang tak diharapkan. Sayangnya, Anda tak boleh down dan frustasi terlalu lama! Buktikan bahwa Anda bisa meningkatkan kinerja dan mendapat hasil evaluasi yang lebih baik. Tunjukkan komitmen Anda untuk bekerja lebih baik dan bersikap profesional. Buat jadwal bertemu dengan atasan untuk membahas rencana dan strategi kinerja Anda, hal itu akan menunjukkan Anda tetap berdedikasi untuk maju dan melakukan perbaikan.
3. Komunikasi Lebih Aktif
Mulailah untuk membiasakan diri berkomunikasi lebih baik dengan rekan kerja dan atasan. Jika Anda sedang menjalankan sebuah proyek, atau dipercaya memegang kendali pada bidang tertentu, mintalah umpan balik dari rekan kerja dan atasan Anda. Dialog terbuka akan menggambarkan bahwa Anda mengedepankan kualitas hasil kinerja sekaligus mengetahui apa saja yang kurang, apa saja yang harus diperbaiki. Hal itu penting sebelum Anda mendapatkan tinjauan resmi pada proyek yang sedang Anda jalani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

About