Pages

Senin, 28 Januari 2013

“Jual Diri” Saat Wawancara Kerja

(c) gownexpress.com
Vemale.com - Eits, jangan artikan jual diri di sini sebagai hal yang negatif. Jual diri di sini maksudnya adalah Personal Branding. Suatu proses menjual pengalaman atau keahlian yang dilakukan saat wawancara kerja. Proses ini sangat penting saat Anda mulai masuk dunia kerja. Karena proses ini sangat penting, inilah hal-hal yang seharusnya Anda lakukan.
1. Percaya Diri
Sikap ini adalah kunci utama dalam proses Personal Branding. Anda tidak akan mampu meyakinkan orang lain tentang kehebatan Anda jika Anda sendiri tidak mengetahui kompetensi Anda. Anda harus percaya diri terhadap kemampuan dan pengalaman yang Anda miliki.
2. Share Knowledge
Pengetahuan dan wawasan juga merupakan hal penting dalam personal branding. Anda bisa membagi ilmu dan wawasan Anda dengan rekan kerja. Dengan berbagi wawasan bisa menunjukkan kelebihan Anda.
3. Kritis
Sikap kritis sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Dengan bersikap kritis dapat menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang mau berkembang dan dapat menciptakan interaksi yang menarik dengan atasan atau rekan Anda. Gunakan komunikasi yang jujur, saling percaya dan menghormati.
4. Profesional
Sikap professional adalah hal yang mutlak dalam dunia kerja. Mulailah sikap professional dengan mengatur gaya bicara dan berjabat tangan. Profesionalitas dapat menjadi nilai tambah diri Anda.
5. Positif
Selalu berpikiran positif. Sikap dan pemikiran yang positif membuat Anda menjadi sosok yang lebih diterima dan dihargai di lingkungan kerja. Cukup dengan murah senyum dan menjadi pendengar yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

About