Pages

Senin, 28 Januari 2013

Penghasilan Tambahan Saat Liburan

(c) shutterstock
Vemale.com - Jika saat ini Anda sedang berlibur tetapi ingin mendapatkan penghasilan tambahan, kenapa tidak mencoba menjadi freelancer?
Ada banyak bidang pekerjaan tidak terikat yang bisa Anda coba sebagai wadah untuk mendapatkan penghasilan tambahan selama liburan, sekaligus mengembangkan kemampuan dan skill yang Anda miliki. Ada banyak pilihan pekerjaan yang bisa Anda lakukan, antara lain:
- Penulis lepas
- Editor lepas
- Web designer
- Admin sosial media event
- Programmer
- dan masih banyak lagi
Walaupun seorang freelancer tidak memiliki keterikatan pada sebuah perusahaan, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan jika ingin menjadi seorang freelancer yang andal.
Apa Skill Anda?
Memiliki skill dan kemampuan dalam suatu bidang adalah hal yang mutlak dimiliki seorang freelancer. Anda tidak perlu memiliki gelar khusus, karena seorang freelancer lebih dituntut untuk memiliki skill dengan kualitas yang baik, sekalipun skill itu didapatkan secara otodidak. Punya kemampuan menulis yang tidak tersalurkan saat bekerja di kantor? Kenapa tidak mencoba menjadi penulis lepas?
Promosikan Skill Anda
Sebaik apapun skill yang Anda miliki, jika tidak ada orang yang mengetahuinya, sama saja bohong. Mulai promosikan skill yang Anda miliki, media internet adalah sarana terbaik dalam hal ini. Buat sebuah blog atau daftarkan diri pada situs tertentu yang bisa menampilkan hasil skill Anda. Jangan lupa cantumkan kontak personal agar pihak yang membutuhkan jasa Anda mudah menghubungi Anda.
Beri Batasan Waktu
Karena Anda dalam masa liburan, maka ada batas waktu selama menjadi seorang freelancer. Buat ketetapan ini di awal kontrak Anda bersama perusahaan atau orang yang menyewa jasa Anda. Ini penting agar Anda juga memiliki batas waktu untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.
Sikap Profesional
Walaupun status Anda pekerja lepas, Anda harus total dalam mengerjakan pekerjaan. Anda harus rela kehilangan waktu liburan karena itu sudah menjadi komitmen Anda. Hindari godaan untuk terus menerus melirik sosial media milik Anda. Ingat, ada batas waktu untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

About